EnglishIndonesia

Email: info@sahabatanak.com

Visi & Misi

VISI:
Menyadarkan anak jalanan bahwa mereka sebagai manusia ciptaan Allah, yang berharga dan mulia.

MISI:
Melibatkan sebanyak mungkin pribadi/pihak untuk peduli kepada anak jalanan dengan menjadi seorang sahabat yang menaruh kasih setiap waktu.


Bermodalkan Komitmen Purba.........

Berawal dari Jambore Anak Jalanan (JAJ) yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 1997, sejumlah voluntir yang terdiri dari mahasiswa, alumni, dan profesional – yang tergabung dalam kepanitiaan - melihat adanya satu kebutuhan esensial pada generasi anak kaum urban, khususnya anak-anak jalanan di Jakarta - yakni pendidikan sebagai pendongkrak status, ekonomi, dan karakter menuju fase yang lebih baik.

Bermodalkan komitmen purba (tanpa dukungan finansial, legalitas, dan fasilitas mapan lainnya; namun murni semangat idealisme) Sahabat Anak ini lahir setelah melalui periode panjang dengan pembelajaran istimewa akan kerjasama, dinamika filantropi, tantangan realita jalanan, pemahaman karakter anak jalanan yang unik, pengumpulan dana plus pertanggungjawabannya, serta pencarian program kurikulum informal terbaik sesuai kebutuhan anak marginal tersebut.

Hingga saat ini, Sahabat Anak membidani kegiatan rutin Bimbingan Belajar (Bimbel) bagi anak-anak marjinal  di  6 area urban Jakarta, yakni: Grogol, Cijantung, Gambir, Manggarai, Tanah Abang, dan Kota Tua

Dua sekolah nonformal bagi remaja jalanan putus sekolah, yaitu PKA (Pusat Kegiatan Anak) berlokasi di belakang kantor Sekretariat dan  Sekolah Mandiri, berlokasi di Museum Mandiri, Kota Tua. Sahabat Anak juga memiliki dua sekolah  PAUD di Grogol (Jakarta Barat) dan Cijantung.

Prinsip & Spiritual Pelayanan Sahabat Anak


Prinsip Pelayanan Sahabat Anak

Pelayanan Sahabat Anak mengakui bahwa setiap manusia adalah makhluk mulia dan paling berharga yang diciptakan oleh Allah, serta memiliki posisi yang sama di hadapan Allah.

  1. Pelayanan Sahabat Anak terbuka untuk siapa saja yang mengakui prinsip tersebut di atas.
  2. Pelayanan Sahabat Anak adalah pelayanan sosial.

Spiritualitas Pelayanan Sahabat Anak

Pelayanan yang memiliki sikap rendah hati, komitmen tinggi,konsisten dan setia mengangkat harkat (harga diri dan bakat) kaum marginal, khususnya anak jalanan, dan mengakui bahwa manusia adalah satu-satunya ciptaan Allah yang paling berharga dan mulia.