EnglishIndonesia

Email: info@sahabatanak.com

Kisah Dari SA Manggarai

Pada mulanya, kegiatan belajar mengajar di Manggarai dilakukan pada tahun 1999 oleh Yayasan KDM (Kampus Diakoneia Modern) melalui rumah singgah yang terletak di Kebon Sirih. Saat itu, yang pertama kali dilakukan adalah dengan melakukan pendekatan terhadap anak-anak marjinal yang berada di Terminal Manggarai, Jakarta Selatan.

Baru pada tahun 2002, pasca mengikuti Jambore Anak Jalanan VI, kegiatan belajar mengajar mulai dilakukan di wilayah Manggarai. Meskipun jumlah pengajar masih sangat minim dan tempat belajar yang berpindah-pindah – mulai dari mushola hingga menyewa rumah salah satu warga – namun adik-adik tetap semangat belajar.

Sayangnya pada tahun 2007, terjadi penggusuran di daerah Manggarai termasuk rumah tempat belajar adik-adik sehingga proses belajar mengajar Sahabat Anak Manggarai terpaksa vakum. Pengajar mencoba mengalihkan proses belajar di Taman Suropati, Jakarta Pusat dengan sistem menjemput anak sebelum akhirnya pindah kembali ke sebuah Pos Ronda di Manggarai Selatan (seberang lokasi bongkaran). Saat itu, 10 volunteer mengajar sekitar 60 anak yang datang dan mengunjungi belasan anak lainnya di kawasan sekitar Manggarai. 

Baru pada Oktober 2011, kegiatan belajar pindah ke Sekretariat Karang Taruna Manggarai Utara yang berlangsung hingga kini. Pengurus sekretariat bersedia meminjamkan tempat tersebut setiap hari Minggu sore untuk digunakan belajar adik-adik marjinal yang saat ini jumlahnya sudah lebih dari 100 orang mulai dari usia 4-12 tahun dengan jumlah pengajar lebih dari 30 orang. Beberapa relawan warga negara asing seperti Jepang dan India juga pernah membantu mengajar adik-adik di Manggarai. Selain memberikan bimbingan belajar, persiapan ujian sekolah dan calistung (baca tulis hitung), pendidikan budi pekerti, dan kebersihan diri juga turut diajarkan. Para pengajarnya pun sudah dibekali dengan kurikulum mengajar yang disesuaikan dengan kurikulum sekolah.

Kini, kegiatan belajar mengajar juga ditambah dengan Kelas khusus Bahasa Inggris di sebuah tempat (meminjam ruangan TK) di depan bak sampah besar, seberang Stasiun Manggarai. Sebanyak 20 anak diajar oleh 4 orang kakak pengajar.

Info :
Lokasi Belajar

  1. Sekretariat Karang Taruna Manggarai Utara, Jl. Manggarai Utara V RT 05/01
    Setiap Hari Minggu pukul 15.30 sampai dengan 17.00 WIB
  2. Ruang serbaguna RT 04 Manggarai (depan bak sampah besar, seberang Stasiun Manggarai)

Khusus belajar Bahasa Inggris adik-adik setara kelas 3-4 SD
Setiap Hari Jumat, 2 minggu sekali pukul 19.00 sampai dengan 21.00 WIB

Kontak
Tim Humas Sahabat Anak Manggarai
Email : Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya
Twitter : @SAManggarai
Fans Page FB : Sahabat Anak Manggarai











Mote Ibu = Segelas Susu

Sahabat Anak Manggarai memiliki kerinduan untuk membantu para adik dalam pelajaran sekolah dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pemenuhan nutrisi kepada para ibu dan adik di masa pertumbuhan seperti mereka.

Kami rindu untuk memberikan ketrampilan bagi para ibu sehingga dapat mengisi waktu senggangnya dengan lebih produktif para adik lebih memilih mengkonsumsi makanan sehat dibandingkan menghabiskan uang membeli snack berbahan pengawet atau MSG dan bermain games (playstation).

Nonton Laskar Pelangi Bersama Sahabat Anak Manggarai

SAHABAT, berikut ini adalah sharing dari Sahabat Anak Manggarai yang beberapa waktu yang lalu nonton bareng Laskar Pelangi dengan adik-adik Manggarai. Cerita ini dibagikan oleh Sisca, salah satu volunteer Sahabat Anak Manggarai.