EnglishIndonesia

Email: info@sahabatanak.com

Selamat Ultah Indonesiaku

Tepat pada tanggal 17 Agustus 2008, Indonesia genap berusia 63 tahun. Kemeriahan perayaan HUT RI kali ini sudah mulai terasa. Penjual bendera merah-putih dengan segala asesorisnya sudah mulai tampak memamerkan dagangannya. Demikian juga dengan lomba yang diadakan oleh Bimbel Gambir, yang acaranya bertempat di taman Monas.

Pada hari Minggu, 24 Agustus 2008, Bimbel Gambir mengadakan acara lomba dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 63 di taman Monas. Sebelum lomba dimulai, kakak-kakak dari Sahabat Anak mengajak para peserta untuk bersama-sama menyanyikan lagu-lagu heroik, seperti;

  • Hari Merdeka
  • Bendera Merah-Putih
  • Syukur
  • Tanah Air
  • Dari Sabang sampai Merauke

Setelah setiap peserta selesai menyanyikan lagu-lagu tersebut, lomba-pun dimulai. Lomba-lomba yang dipertandingkan adalah sebagai berikut:

  1. Lomba memindahkan Bendera
  2. Memindahkan kacang hijau dengan menggunakan sumpit
  3. Makan kerupuk
  4. Memindahkan air ke botol dengan menggunakan sendok
  5. Masukin pensil ke botol, dll

Setiap anak sangat antusias dalam mengikuti perlombaan tersebut. Ada satu kisah yang menarik disini, yaitu tentang Sandy . Pada saat anak-anak yang lain mengikuti perlombaan, Sandy tidak ikut. Ketidak ikutan Sandi dikarenakan dia sedang sakit perut. Kemudian Sandy diberikan obat sakit perut. Kak Uli, sebagai PIC acara memberitahukan bahwa Sandy merupakan anak yang putus sekolah dari kelas 6 SD.
Jika zaman dahulu kemerdekaan diartikan sebagai bebas dari penjajahan, namun saat ini, terutama bagi Sandy kemerdekaan adalah bebas dari kebodohan. Walaupun Sandy telah putus sekolah formal, namun Sahabat Anak tetap membantu dan menaungi dia dalam hal pendidikan. Awal Agustus 2008 Sandy diikutsertakan oleh Sahabat Anak pada program Pusat Kegiatan Anak (PKA). Disini Sandy dibimbing dan diajari seperti sekolah formal pada umumnya.

Kemerdekaan merupakan jembatan emas, maksudnya kemerdekaan bukan akhir dari perjuangan. Kemerdekaan bagi anak-anak jalanan merupakan perjuangan untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas, untuk hidup layak, untuk bermain bersama teman-temannya dan juga yang tidak kalah pentingnya, yaitu; untuk mendapatkan kasih sayang dari orang tua.
Selamat Ulang Tahun Indonesiaku, jangan pernah kau aku.

Penulis : Rudi Suseno Hutabarat