EnglishIndonesia

Email: info@sahabatanak.com

Kepada Siapa

Street Children

• Children of the Street

Anak jalanan murni yang menghabiskan waktunya 24 jam di jalanan: makan, tidur, bekerja, tinggal. Tidak bersekolah, tidak memiliki keluarga dan tempat tinggal atau kabur dari keluarga dan tidak kembali ke rumah.

Children on the Street
Anak yang terpaksa bekerja di jalan karena membantu ekonomi keluarga. Anak jalanan kelompok kedua ini sebagian ada yang bersekolah, dan masih tinggal atau kembali ke keluarga/rumah.

Children Vulnerable to be on the Street

Anak yang bergaul dengan kelompok satu dan dua, yang rentan turun ke jalan oleh karena kekerasan, keinginan memiliki uang sendiri, atau ingin hidup bebas.

• Anak Marjinal
, yakni anak yang mengalami diskriminasi dalam pemenuhan hak-hak normatif dan memiliki keterbatasan dalam mengakses sumber daya, sumber ekonomi, pengetahuan, dan layanan publik. Mereka mengalami ketidakberdayaan dalam hal ekonomi, status sosial, pendidikan, bahkan terkadang fisik. Termasuk di sini adalah anak dari komunitas pemulung, manusia gerobak, keluarga miskin, dan kaum urban kota besar.

• Mitra Sahabat Anak, yakni lembaga/komunitas sejenis yang memiliki visi dan semangat serupa dengan Sahabat Anak. Di antaranya: Bimbel di Bogor, Depok, Senen, Buaran, Kebon Singkong, Klender, Jatiasih, Rawa Indah, Tanjung Priok, Tanah Merah, Rawa Bebek, Bekasi , Kampung Melayu, Kebayoran Lama, Panglima Polim, Panti Dwituna Rawinala, Panti Tunanetra Elsafan, Yayasan KDM, Sekolah Bangun Sunter, Bimbel Koran, Yayasan Rumah Pilia, LBH Jakarta, Amazing Farm, LPK Wulan, Pesantren Bogor, PAUD Kamboja, Panti Dinsos DKI, JKLPK, dan masih banyak lagi.