EnglishIndonesia

Email: info@sahabatanak.com

Hari Sahabat Anak 2011: Bermainlah Sahabatku!

Ini adalah tahun ke-4 sejak Hari Sahabat Anak dimulai tahun 2008. Hari Sahabat Anak adalah milik semua orang yang ingin menjadi sahabat bagi anak-anak, khususnya anak-anak marjinal, dan mau bergandeng tangan untuk membantu mereka memperoleh hak-haknya sebagai seorang anak.

Tahun ini, secara khusus kami mengangkat tema hak anak untuk BERMAIN. Bermain adalah salah satu hak dan natur anak yang sudah melekat sejak mereka bayi. Kenyataannya, ribuan anak marjinal  tidak mendapatkan hak BERMAIN mereka & menghabiskan masa kecilnya menjadi pencari nafkah keluarga.

Yuk! Kita lakukan hal nyata untuk membuat sahabat-sahabat kecil kita bisa tetap tersenyum di tengah kehidupan mereka yang keras.

Di peringatan Hari Sahabat Anak 17 Februari 2011, kami meluncurkan kampanye Hak Bermain Anak yang bertemakan: Bermainlah Sahabatku! Target kami, hingga Juli 2011, ada 1050 anak di JaBoDeTaBek yang akan mengikuti program ini.

Buat sahabat yang mau ikutan, berikut caranya:

Bisa dengan memberikan mainan secara langsung. Buat orang tua, mari libatkan anak-anak untuk ikut memberikan mainan mereka, sehingga dari kecil mereka sudah diajar untuk peduli J Mainan dapat diantar atau dikirim ke Drop Box berikut:

Sekretariat Sahabat Anak
Jl. Tambak II RT 06/05 No. 23
Komp. POLRI, Kel. Pegangsaan, Jakarta Pusat 10320
Telp. (021) 391 8505, Fax (021) 319 34172

PT. IMAN Teknologi Informasi
Jl. Jatiwaringin Raya No. 233 Pondok Gede 17411
Telp. (021) 2796 1117, Fax (021) 3755 2000   
Email: Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya

Innograph
Jl. Lenteng Agung Raya No. 15. Jakarta Selatan 12610.
Telp. (021) 7883 1075, www.innograph.com untuk peta lokasi.

Kriteria mainan yang bisa diberikan:

  • Untuk anak usia 3-12 tahun
  • Tidak berbahaya (bukan senjata, tidak tajam)
  • Tidak beracun (non-toxic)
  • Bukan barang elektronik
  • Edukatif
  • Tidak berbau pornografi

Contoh mainan yang bisa diberikan: Puzzle, lego, boneka, binatang-binatangan, permainan role play (masak-masakan, dokter-dokteran, dll), mobil-mobilan, dll

II. Donasi Uang, ditransfer ke:
BCA Kalimalang – Jakarta
A/C. 230-344-4432
a.n. Yay Komunitas Sahabat Anak Jkt

III. Ikut membagikan mainan dan bertemu dengan adik-adik secara langsung. Dalam setiap distribusi, akan ada acara bermain bersama dengan   anak-anak. Untuk mengetahui jadwal distribusi, silahkan bergabung dalam Face Book Page Sahabat Anak, atau follow @sahabatanak di Twitter.

Tujuan dari kampanye ini adalah Hak Anak untuk bermain dapat terpenuhi. Kami ingin masyarakat dan pemerintah menyadari bahwa anak memiliki hak untuk bermain, dan hak bermain itu perlu diperjuangkan bersama-sama. Berkurangnya ruang bermain bagi anak di kota besar dan tantangan hidup anak marjinal yang hidup di lingkungan keras, menjadi halangan bagi mereka untuk bermain. Kondisi ekonomi mengharuskan mereka membantu orang tua mencari nafkah, juga menjadi salah satu penyebab hilangnya hak bermain anak. Usia anak adalah usia bermain yang merupakan usia penting bagi pembentukan karakter anak.

Dalam memenuhi hak bermain anak, masyarakat juga diajak untuk memberikan bentuk-bentuk permainan yang mendidik dan aman, agar bisa mendukung tumbuh kembang anak.

Selain itu, pemenuhan hak bermain tidak harus dengan memberikan mainan yang mahal, banyak permainan-permainan tradisional yang mendidik dan menyenangkan juga untuk anak. Memberikan waktu kita untuk bermain dengan anak juga bagian dari pemenuhan Hak bermain anak.

Fokus dari kampanye ini bukanlah pada mainan yang dibagikan. Tujuannya adalah agar masyarakat sadar bahwa bermain merupakan hak anak, serta berusaha mewujudkannya dengan menjadi sahabat yang mau bermain dengan mereka.

Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi Tasha (3918505, 0811913676), Muti (08567878530), atau Dian (08129528451)