EnglishIndonesia

Email: info@sahabatanak.com

Jambore Sahabat Anak XXI, 2017

Jambore Sahabat Anak (JSA) akan diadakan kembali bersama 800 anak-anak maginal di wilayah Jabodetabek dan akan didampingi oleh 400 kakak pendamping dari berbagai daerah.

JSA XXI tahun ini akan diadakan pada:
Sabtu-Minggu, 22-23 Juli 2017
@Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta

Tahun ini, Sahabat Anak mengangkat isu Hak Anak untuk Mendapatkan Perlindungan dengan tema

“KELUARGAKU PELINDUNGKU”

Berbagai aktivitas seru akan dilakukan dan dirasakan oleh adik bersama kakak pendamping di Jambore ini selama 2 hari penuh berkegiatan.
Mulai dari berkeliling ke pos-pos acara, bernyanyi yel-yel di tengah siang yang menyengat, menunggu adik yang susah untuk mandi, makan pagi, siang dan malam bersama, tidur dalam 1 tenda, bertukar cerita dan menjadi teman bermain akan menjadi moment-moment bahagia yang mengharukan dan bahkan tidak akan terlupakan.

Selain menjadi kakak pendamping, sahabat juga bisa berpartisipasi mendukung JSA tahun ini dengan cara:
a.    Menjadi sahabat donatur untuk membantu pemenuhan kebutuhan dana
b.    Menjadi sahabat donatur untuk membantu pengadaan saranan dan prasran kegiatan JSA.

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi:
Aty
Sekretariat Sahabat Anak
Telp: 021-3918505
Email: Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya

Atau jika sahabat ingin langsung berdonasi dapat mentransfer donasi ke nomor rekening:
a/n Yay Komunitas Sahabat Anak Jkt
Bank BCA KCU Kalimalang 2303444432
Bank Mandiri KCP Jkt RSCM 1220006015815

Jambore Sahabat Anak XVII

250 Voluntir Untuk Mendampingi 500 Anak Marjinal Mewujudkan Karya dan Impian Mereka. Andakah Orangnya?

Tahun 2012,  1.000 anak jalanan yang mengisi Survey Impian menjawab bahwa hal pertama yang terpikirkan oleh lebih dari 500 anak adalah: Memimpikan pekerjaan dan masa depan yang lebih baik, serta pengembangan karakter yang positif.
Tahun 2013, kami ingin mengajarkan  bahwa mereka harus berani memperjuangkan impian mereka. Perlu kerja keras, kreativitas, dan inovasi. Tidak mudah, tetapi bukannya tidak bisa.

Maukah anda menjadi seorang sahabat yangmembantu anak-anak tersebut mewujudkan karya dan impian mereka? Mari bergabung bersama 250 voluntir lainnya mendampingi 500 anak marjinal di JaBoDeTaBek dalam acara KADO – Karya Anak Indonesia.
KADO adalah sebuah ajang kreativitas dan inovasi untuk mendorong aspirasi pengembangan diri anak-anak kaum marjinal. Kampanye yang akan dilakukan selama tahun 2013 ini mengangkat tema: “Aku Berharga, Aku Berkarya. Kampanye ini merupakan upaya melibatkan sebanyak mungkin masyarakat untuk melakukan  gerakan sahabat anak dalam mengadvokasi hak anak untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

Jambore Sahabat Anak

Kegiatan SAHABAT ANAK berawal dari Jambore Anak Jalanan (JAJ) yang pertama kali diselenggarakan tahun 1997. Saat itu Yayasan KDM (www.kdm.or.id), sebuah yayasan yang melayani anak-anak jalanan sejak tahun 1972 menggerakkan sejumlah voluntir yang terdiri dari mahasiswa, alumni, dan profesional bergabung dalam kepanitiaan. Tujuan acaranya sangatlah sederhana, yakni merayakan Hari Anak Nasional 23 Juli dan mempertemukan anak jalanan dengan orang-orang yang peduli dengan mereka.

Program JAJ ternyata cukup efektif dalam menjangkau anak jalanan dan sebagai sarana untuk mempertemukan anak-anak tersebut dengan masyrakat yang peduli. Dengan melihat adanya satu kebutuhan esensial pada kaum urban, khususnya anak-anak jalanan Jakarta – yakni pendidikan, sebagai pendongkrak status, ekonomi, dan karakter menuju fase yang lebih baik, JAJ, yang akhirnya berubah menjadi Jambore Sahabat Anak (JSA), dijadikan acara tahunan yang selalu diikuti oleh program-program tindak lanjut setelahnya.

Selama Jambore, para pendamping yang terlibat mulai menjalin persahabatan dengan adik-adik; melalui pendekatan ini Sahabat Anak bisa semakin mengerti apa yang menjadi kebutuhan dari anak jalanan. Dengan menjalin persahabatan kita menunjukkan kepada anak-anak ini bahwa mereka manusia yang berharga dan bisa menggapai mimpi mereka. Para pendamping juga bisa mengajarkan hal-hal seperti kebersihan tubuh (mencuci tangan, mandi dan menggosok gigi), sopan santun dan etika, serta menjadi contoh yang baik untuk si adik.

Jambore Sahabat Anak XVI
Buper Ragunan, 7-8 Juli 2012


“Tidak Takut Bersuara”

Memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli, Sahabat Anak kembali menggelar Jambore untuk 1000 anak-anak jalanan dan marjinal, serta melibatkan 500 voluntir untuk mendampingi adik-adik selama 2 hari 1 malam. Tahun ini, tema yang diusung adalah “Suarakan Impianmu”, hak bersuara dan berpartisipasi yang merupakan salah satu hak anak yang tercatat dalam Konvensi Hak Anak yang disahkan oleh PBB (20 November 1989).

Selama 5 bulan persiapan Jambore Sahabat Anak (JSA) dilakukan, mulai dari menentukan lokasi dan tanggal, mematangkan konsep acara, menghubungi area-area yang akan diikutsertakan, mencari 500 voluntir pendamping, sampai usaha memenuhi kebutuhan dana dan natura. Semuanya dipersiapkan oleh para voluntir panitia yang di tengah kesibukannya mau berkomitmen dalam kepanitiaan. Kelancaran persiapan ini juga tak lepas dari peran serta para Sahabat yang turut andil dalam mendistribusikan voucher sebagai salah satu bentuk pencarian dana, berdonasi dan keterlibatan Sahabat pendukung (sponsor). Ya, segala persiapan dilakukan demi terlaksananya 2 hari bahagia yang penuh makna ini bagi anak-anak jalanan/marginal.

Jambore Sahabat Anak 2012